HomeUmumJenis-Jenis Konten Video TikTok Untuk Pemasaran Yang Perlu Kamu Coba

Jenis-Jenis Konten Video TikTok Untuk Pemasaran Yang Perlu Kamu Coba

Pernahkah kamu kebingungan mencari ide konten untuk video pemasaranmu? Atau mungkin juga kamu pernah bertanya, apa saja ya ide-ide konten TikTok yang relevan dengan promosi bisnis?

Saat ini, persaingan bisnis kian ketat apalagi sekarang sudah memasuki era digital untuk memenangkan persaingan bisnis harus bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.

Salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk promosi bisnis adalah tiktok. Ide konten tiktok yang kreatif mampu menarik perhatian konsumen, namun mungkin kamu masih membutuhkan lebih banyak referensi lagi agar konten TikTokmu tidak itu-itu saja.

Oleh karena itu, dalam post kali ini admin sajikan jenis-jenis konten video pemasaran yang bisa kamu buat, agar konten di profil Tiktokmu dapat lebih beragam lagi. Apa saja jenis konten tersebut? Berikut penjabarannya:

Workspace Tour

Salah satu cara terbaik untuk mengakrabkan diri dengan orang lain tentu dengan mengundang mereka datang ke rumahmu bukan?

Hal tersebut juga berlaku untuk bisnismu. Kamu bisa mengajak audiens kamu berkeliling dan memperlihatkan spot-spot menarik yang ada di perusahaan kamu. Sehingga mereka bukan hanya mengenal produk kamu, tetapi juga tahu bagaimana dan dimana produk yang biasa mereka gunakan di produksi. Kamu bisa melihat contoh konten workspace tour dari bisnis Tasya Farasya dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEfodsL/

Behind the Scenes

Zaman sekarang, orang-orang tidak lagi masa bodoh dengan proses. Mereka mulai peduli dengan apa yang terjadi di balik produk yang mereka konsumsi atau gunakan.

Karena keingintahuan mereka terhadap proses-proses dibalik produksi sebuah bisnis, maka kamu dapat memanfaatkannya dengan membuat konten behind the scene.

Semua bidang bisnis dapat membuat konten ini. Misalnya kamu bergerak dibidang kuliner, maka kamu dapat membuat video proses memasak dan penyajian makanan yang ada didapur kamu. Atau misal kamu seorang pebisnis jasa fotografi produk, maka kamu dapat membuat konten bagaimana proses pemotretan produk dari client-client kamu.

Kamu bisa lihat contoh konten behind the scene dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEPkduW/

Success Story

Video di TikTok saat ini bukan hanya tentang dance cover, menyanyi, ataupun hal-hal yang berbau entertainment. Namun sudah sangat sering ditemui konten-konten yang bersifat memotivasi dan menginspirasi.

Kamu sebagai seorang pebisnis dapat membuat konten success story dengan membuat video perjalanan bisnis kamu dari awal hingga sukses seperti sekarang beserta dengan perjuangan-perjuangan yang kamu lalui.

Dengan kamu membuat konten seperti ini, akan membuat brand image kamu semakin baik serta bisa mendatangkan lebih banyak awareness dari audiens karena konten seperti ini bisa memotivasi serta sangat menarik bagi audiens. Kamu bisa menampilkan keadaan perusahaan yang dulu dengan sekarang, ataupun bawakan kisah lain yang menjadi turning point kamu. Contoh konten success story dapat kamu lihat dari bisnis Timothy Ronald membangun startup Ternak Uang dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEP7TLF/

A Day in My Life

 Konten a day in my life juga menjadi salah satu konten yang sangat populer di TikTok. Padahal mungkin isi konten a day in my life adalah hal-hal yang mungkin sama dilakukan oleh audiens.

Namun nyatanya di zaman sekarang, orang-orang mudah penasaran dengan rutinitas orang lain. Oleh karena itu, konten-konten seperti vlog atau a day in my life cukup populer.

Sebagai pemilik bisnis, perlihatkan aktivitas kamu lewat konten TikTok yang menarik. Seperti menyiapkan bahan produksi, mengurus klien, dan mungkin meminta audiens ‘menemani’ kamu berangkat kerja. Dan dijamin, audiens akan merasa lebih terhubung dengan kehidupan kamu sebagai pemilik bisnis.

Kamu bisa lihat contoh konten a day in my life dari akun @aleyseen dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEPTNfv/

Meet the Team

Kamu pasti pernah geram ketika menonton sebuah berita yang menunjukkan perusahaan yang mengeksploitasi karyawannya bukan? Nah, dengan keadaan seperti itu akan membuat calon pelanggan kehilangan respect dan memilih untuk menggunakan brand lain. Artinya, bagi publik apresiasi perusahaan terhadap karyawan memanglah hal yang penting. Oleh karena itu, ide konten TikTok meet the team bisa kamu gunakan untuk menjaga reputasi bisnis kamu.

Kamu bisa membuat konten dengan memperkenalkan satu per satu anggota tim kamu serta tunjukkan hasil pekerjaan mereka. Karena kekompakan anggota tim sebuah perusahaan akan meyakinkan audiens bahwa bisnis kamu berjalan atas dasar kerja keras yang sehat dan tulus. Contohnya dapat kamu lihat dari akun @trufflesocial dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEPbLNu/

Testimonial

Testimoni pengguna ketika menggunakan sebuah produk, akan sangat menentukan juga bagaimana keputusan pengguna lain dalam membeli produk tersebut. Apabila sebuah brand mendapatkan testimoni yang baik, maka produknya akan diincar dan di-repurchase oleh para pelanggannya.

Biasanya, para konsumen akan membuat testimoni dalam bentuk komentar di salah satu video akun tiktok kamu maupun melalui chat pribadi di direct massage akun kamu.

Kamu bisa memanfaatkan testimoni yang dibuat pengguna lain untuk mendatangkan lebih banyak konsumen dengan menjadikannya sebuah konten video. Dimana kamu bisa membuat dance cover, voice over promosi, ataupun hal-hal lain dengan menunjukkan testimoni orang tersebut dalam kontenmu. Contoh konten testimonial dapat kamu lihat pada akun @ndshvv dengan mengklik link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSJEPgTL9/

Announcement

Jenis konten terakhir adalah announcement. Dimana kamu dapat membuat pengumuman-pengumuman kepada audiens atau konsumen kamu dalam bentuk video.

Misal, kamu akan launching produk baru, merubah alamat website toko, memberitahu lokasi offline store terbaru, perubahan jam buka toko, ataupun kamu ingin memberitahukan kepada audiens jika kamu akan melakukan live shopping dengan diskon yang menarik, atau hal-hal yang lain.

Pengumuman-pengumuman tersebut kamu dapat jadikan isi konten videomu baik dalam bentuk dance cover, voice over, ataupun hanya sekedar e-flyer yang diberikan musik.

Kesimpulan

Apapun jenis konten yang kamu buat sesuaikan dengan tujuan konten kamu dan apa goals yang kamu harapkan.

Terakhir, Jadi, selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular