HomeUmumCara Menghubungkan Domain dengan Hosting yang Berbeda Platform

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting yang Berbeda Platform

Hal yang paling penting dalam membuat sebuah website adalah menghubungkan domain dengan hosting, supaya websitenya online dan dapat diakses oleh semua orang. Namun bagaimana jika domain dan hosting berbeda tempat pembeliannya?

Biasanya setelah selesai membeli domain dan hosting kita kebingungan untuk menghubungkan domain dengan hosting, apalagi tempat pembeliannya berbeda. Klo masih dalam satu tempat pembelian bisa minta tolong CS untuk melakukannya.

Domain dan Hosting sangatlah penting dalam membuat sebuah website. Domain sebagai identitas dari sebuah supaya mudah dikenali dan ditemukan di mesin pencarian. Sedangkan hosting sebagai tempat penyimpanan data-data yang ada di website.

Untuk menghubungkan nama domain dengan web hosting caranya cukup mudah, yaitu dengan mengarahkan name server hosting ke name server domain. Setiap layanan domain maupun hosting pasti memiliki name server masing-masing, tinggal arahkan saja name servernya otomatis website bisa diakses.

Name server adalah nama dari sebuah web server yang bertugas untuk mengarahkan domain ke server tertentu (hosting). Umumnya name server ditulis dengan format “ns1.hostingmurah.com” dan lainnya. Tergantung konfigurasi penyedia layanan hosting karena setiap layanan hosting berbeda-beda dalam penamaannya.

Berikut panduan bagaimana cara konfigurasi domain dan hosting dengan platform/layanan yang berbeda.

  • Pastikan kalian sudah membeli domain dan hosting
  • Catat/simpan name server hosting, biasanya setelah pembelian hosting ada invoice masuk ke email beserta informasi name server
SASt yLgLl4wNd0egOM1 sRfr9Y8FhLk6i5XNEIE 2Do2nXSrvrJNHd9aqcyDTOeiceNT7 5u96RH7VpztmYKl4Sp VAD35nS3kAWY4whhltPw9blG6v VxtG NUUcAegi5QrlLSg=w2400
cara menghubungkan domain dengan hosting yang berbeda
  • Masuk ke Member Area/Dashboard tempat membeli domain
  • Pilih domainnya, lalu ke menu Name Server kemudian ubah name server yang ada dengan name server hosting yang sudah dicatat sebelumnya
  • Jika name server hosting ada 4 silakan masukan semua Nameserver 1, Nameserver 2 dan seterusnya
  • Klik tombol Simpan/Update
6NAJrmiw87spOqHQFD7dzyK66aIklXCjrTcs52jyWSogwa6sM2DrmckvQTkylyOIf50MBhstHEjmgTViA5cwaq6gTRBTKtqdn8okBthNqYP
cara menghubungkan domain dengan hosting yang berbeda

Sampai sini sudah berhasil menghubungkan domain dengan hosting, menunggu propagasi domain dengan hosting sekitar 5 menit atau lebih

Demikian yang bisa admin sampaikan cara mengarahkan domain dengan hosting yang berbeda layanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika memiliki pertanyaan atau masalah, silakan tinggalkan komentar atau hubungi admin pada halaman kontak, Admin akan menjelaskan lebih detail. Terimakasih dan Sampai Jumpa.

Kaconk
Kaconk
الحمد لله رب العلمين
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular