HomeUmumCara Mengatasi Pretty URLs Laragon Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Pretty URLs Laragon Tidak Berfungsi

Laragon merupakan universal development environment yang fungsinya untuk membangun dan mengelola aplikasi berbasis website. Bisa dikatakan laragon adalah web server lokal yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) dari client kemudian mengirimkan kembali dalam bentuk halaman-halaman website.

Laragon mendukung banyak bahasa pemrograman seperti; PHP, Node.js, MySQL, framework Laravel dan CMS WordPress. Laragon sangat bagus dalam mengelola aplikasi berbasis website dengan tampilan yang sederhana juga fitur menarik yang tidak ada pada aplikasi server lokal lain.

Jika kalian pernah mengenal dan menggunakan XAMPP. Nah! Fungsi laragon sama dengan xampp, hanya saja xampp kurang fleksibel dalam penggunaannya seperti ketika ingin mengistal framework dengan versi php tertentu perlu konfigurasi tambahan dan juga ketika ingin mengistal CMS WordPress tidak semudah menggunakan laragon.

Beberapa fitur yang menarik pada laragon adalah Pretty URLs yang mana kita bisa mengakses project layaknya nama domain dengan akhiran namaProject.test/.dev. Berbeda dengan web server lain yang pemanggilan proyeknya harus di awali dengan localhost/namaProject.

Fitur lainnya adalah Easy Operation yang mana laragon sudah mengotomatiskan dalam konfigurasi bahasa pemrograman yang kita butuhkan. Seperti saat ingin menambah versi PHP, MySQL, mengistal Laravel dan WordPress hampir tidak ada kesulitan sama sekali tinggal klik-klik saja.

Masih banyak fitur yang ditawarkan oleh laragon belum admin jelaskan semua. Teman-teman bisa mengunduhnya di laragon.org/download/index.html dan mencoba sendiri fitur menarik yang ada pada laragon.

Fitur yang paling admin sukai dari laragon adalah Pretty URLs, fitur ini otomatis akan aktif pada laragon setelah kalian install. Namun dalam beberapa kasus pretty urls ini tidak berjalan walaupun pengaturan pada laragon otomatis sudah aktif.

Admin sendiri sering mengalami hal demikian, pretty urls pada laragon tidak berjalan/berfungsi seperti gambar berikut.

Untuk mengatasi hal demikian berikut admin ulas.

Cara mengatasi pretty URL not working

  • Pastikan Auto-create Virtual Hosts pada pengaturan sudah tercentang
  • Akses folder berikut:
    C:\Windows\System32\drivers\etc
  • Temukan file dengan nama hosts
  • Klik kanan file hosts → Properties
  • Hilangkan tanda centang pada Attributes: Read-0nlyOK
  • Silakan reload Laragon kalian, otomatis Pretty URL sudah berjalan dengan baik
  • Terimakasih

Begitulah teman-teman cara mengatasi pretty url laragon tidak berfungsi, semoga bermanfaat.

Jika memiliki pertanyaan atau masalah, silakan tinggalkan komentar atau hubungi admin pada halaman kontak, Admin akan menjelaskan lebih detail. Terimakasih dan Sampai Jumpa.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular