HomeUmumCara Cek Kesehatan SSD dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Kesehatan SSD dengan Mudah dan Cepat

Mengecek kesehatan SSD sangat penting untuk dilakukan supaya tahu masa pakai dari SSD yang kita punya. Masa pakai SSD tidaklah sama dengan masa pakai Hard disk, cenderung lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan HDD.

Solid state drive atau disingkat dengan SSD merupakan penyimpanan data hasil pengembangan dari HDD yang tentunya unggul dalam segi kecepatan dibandingkan HDD.

Apabila menginginkan media penyimpanan dengan performa tinggi, gunakanlah SSD sebagai media penyimpanan maupun sebagai booting windows.

Mengecek kesehatan HDD maupun SSD penting untuk kita lakukan. Dengan demikian kita bisa berjaga-jaga sebelum rusak untuk segera memindahkan data-data ke media penyimpanan yang lain.

Bagi kalian yang ingin mengecek kesehatan SSD bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini cara cek kesehatan SSD.

1. Cek kesehatan SSD dengan Hard Disk Sentinel

Hard Disk Sentinel merupakan aplikasi pengecekan penyimpanan komputer (SSD/HDD) yang berjalan pada sistem operasi windows dan linux. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa memantau dan mengatur SSD secara cepat.

  • Download software Hard Disk Sentinel
  • Selesai download, Install lalu buka aplikasinya
  • Untuk cek kesehatan SSD pilih menu Overview pojok kiri atas. Disitu akan terlihat persentase Performance dan Health SSD yang kalian pakai
  • Selesai!
cek kesehatan ssd
Cara Cek Kesehatan SSD dengan Mudah dan Cepat 3

2. Cek kesehatan SSD dengan CrystalDiskInfo

CrystalDiskInfo adalah software gratis yang mampu memantau kondisi SSD secara detail. Tidak hanya dapat mengecek kesehatan SSD akan tetapi juga dapat menampilkan kecepatan RPM dan temperatur SSD. Tentu ini sangat membantu sekali untuk mengecek kondisi SSD yang kita pakai.

  • Download software CrystalDiskInfo
  • Selesai download lalu buka aplikasinya. Akan tampil jendela yang memperlihatkan dari kesehatan SSD yang dipakai
  • Selesai!
cek kesehatan ssd
Cara Cek Kesehatan SSD dengan Mudah dan Cepat 4

Rutinlah mengecek kesehatan SSD menghindari kerusakan penyimpanan yang tiba-tiba, supaya data-data masih bisa diselamatkan. Jika kondisi SSD sudah dibawah 70% segera lakukan backup file atau ganti dengan penyimpanan baru.

Demikian tutorial cara cek kesehatan SSD. Semoga bermanfaat dan semoga membantu.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau masalah, silakan tinggalkan komentar. Admin akan dengan senang hati menjelaskan lebih detail. Terima kasih banyak atas semua tanggapan dan dukungan teman-teman!

Kaconk
Kaconk
اللهم أغنِنيْ بفضلك عمّن سواك وبحلالك عن حرامك
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular