HomeUmumAlasan Kenapa Harus Beralih Text Editor ke Visual Studio Code

Alasan Kenapa Harus Beralih Text Editor ke Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah kode editor yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Linux dan macOS. Ini adalah Kode Editor super cepat dan ringan yang dapat membantu untuk view, edit, run dan men-debug kode, sangat cocok bagi front-end developers menggunakan text editor ini.

Visual Studio Code hadir dengan banyak fitur hebat yang terpasang di dalamnya, milyaran ekstensi yang terus akan bertambah seiring waktu yang dengan mudah dapat membantu ngoding teman-teman.

Meskipun banyak kode editor bertebaran yang juga mempunyai fitur hebat, seperti Sublime Text 3, Atom dan lainnya. Namun admin lebih memilih Visual Studio Code. Beragam alasan dan juga kemudahan dalam ngoding.

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Text Editor ke Visual Studio Code

Gratis

Berbeda dengan Sublime Text yang berbayar, dengan harga sekitar $80. Walaupun versi gratisnya masih bisa kita gunakan dengan baik dan tidak ada perbedaan dengan versi fullnya, tapi kan tidak enak ya klo kita menggunakan software yang seharusnya bayar.

Emmet Sudah Terintegrasi

Emmet adalah sebuah plugin yang bisa kita install di banyak kode editor, Emmet berfungsi untuk mempermudah kita menulis HTML dan CSS. Hebatnya di Visual Studio Code Emmet sudah tertanam secara default, jadi tidak perlu kita mengistalnya. Misalkan kita ketikan tanda seru (!) lalu di tab, VS Code akan otomatis membuatkan struktur HTML.

Linter Untuk Beberapa Bahasa Pemrograman

Linter adalah sebuah fungsi untuk mengecek kodingan kita ada erornya apa enggak, klo di sublime text kita harus mengistalnya.

Intellisense Untuk Mempermudah Auto-Complete

Intellesense istilahnya adalah auto complete, jika kita mengetikkan sesuatu kita di kasih tau, diberi saran apa yang mau kita ketikan.

Kemudahan Bekerja Dengan Warna

Jika kita mau memberi warna pada body, text dan lainnya. Secara otomatis VS Code ngasih warna, menampilkan warna secara otomatis, tentu ini sangat membantu kita untuk melihat warna. Entah itu hex, rgb, hsl, dan lainnya. VS Code secara otomatis menampilkan warnanya dalam kotak kecil.

Sidebar Yang Kaya Akan Fitur

Klo kita buka sidebarnya VS Code, di sebelah kiri banyak menu seperti Explorer, Search, Source Control, Debug, Extensions dan lainnya.

Mudah Mengelola Extensions

Di sublime namanya plugin, teman-teman dengan mudah dapat mengakses menu sebelah kiri dengan nama Extensions. Kalian dengan mudah mencari extensions yang dibutuhkan, dan kerennya lagi ketika install extensions, vs code akan merekomendasi extensions lainnya yang banyak digunakan oleh para developers.

Terintegrasi Dengan GIT/GitHub

Sebelah kiri ada source control, jika teman-teman senang dengan GIT/GitHub, VS Code sudah menyediakan pengelolaannya dari awal, dan lebih kerennya lagi kita bisa menggunakan terminal atau console langsung dari VS Codenya. Apa itu GIT dan GitHub admin akan jelaskan lain waktu.

Penutup

Begitulah teman-teman beberapa alasan kenapa kita harus beralih ke Visual Studio Code, dari segi kekurangan pasti tiap software punya kekurangan dan kelebihan, selama admin menggunakan VS Code ini kekurangan yang admin rasakan adalah dari segi kecepatan dalam menampilkan Emmet. Sublime Text lebih unggul dalam hal kecepatan.

Silakan teman-teman bandingkan sendiri, lakukan penelitian Text Editor mana yang lebih baik kita gunakan.

Jika memiliki pertanyaan atau masalah, silakan tinggalkan komentar atau hubungi admin pada halaman kontak, Admin akan menjelaskan lebih detail. Terimakasih dan Sampai Jumpa.

Kaconk
Kaconk
اللهم أغنِنيْ بفضلك عمّن سواك وبحلالك عن حرامك
RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular